Jumat, 02 Desember 2011

Siswa SMAN 8 Tangerang Menciptakan Robot

Alat teknologi yang diciptakan dengan komponen cukup sederhana ini bisa difungsikan sebagai permainan baru.
Robot tersebut digerakkan oleh sensor yang bersumber dari tenaga baterai. Dengan menggunakan alat remote control, robot tersebut dapat digerakkan sesuai kemampuan.
“Meski robot ini masih cukup sederhana, tapi para siswa sudah mampu menciptakannya dengan perangkat teknologi,” ujar Wakil Kepala SMAN 8 Kota Tangerang Sofia Herawati, di sela-sela acara Futuristik 2008 yang dihadiri Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Zaenudin, Kamis (19/6).
Dalam keterangannya, Sofia menyebutkan, siswanya mampu menciptakan studio bioskop mini, lengkap dengan peralatan pemutaran film di sekolah tersebut. Film yang diputar merupakan hasil karya siswa-siswa SMAN 8 Kota Tangerang.
“Kami memang sangat mendorong anak-anak belajar menekuni bidang informasi dan teknologi. Sehingga, kelak para pelajar memiliki skill di bidang tersebut guna menghadapi era teknologi,” imbuhnya.
Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Tangerang Zaenudin mengatakan, kepala sekolah, guru, dan orang tua harus memberikan kesempatan yang banyak kepada siswa untuk belajar kreatif dan inovatif.
“Biarkan siswa belajar mengeksplorasi kemampuannya, sehingga anak memiliki minat belajar yang tinggi. Kemampuan mereka harus terus dipupuk dengan penyediaan sarana belajar dan pengarahan secara benar,” ungkap Zaenudin. (jid)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar